Sabtu, 10 Februari 2018

8 Manfaat kesehatan teh mentega, minuman berkhasiat dari Tibet


Tahukah kamu, orang-orang Tibet memiliki satu resep kesehatan yang sudah mereka jaga selama berabad-abad? Mereka biasa menghirup semangkuk teh mentega sebelum memulai aktivitas. Meskipun kesannya berlemak dan bisa menggemukkan badan, ternyata minuman ini justru memiliki banyak khasiat kesehatan, termasuk menurunkan bobot tubuh.

Teh mentega atau Tibetan butter tea yang lebih dikenal dengan nama po cha di tempat asalnya biasa diminum di Tibet, Bhutan, Nepal, dan daerah-daerah lain yang berada di kawasan pegunungan Himalaya. Teh ini juga cukup populer di antara para penganut paleo diet, karena dapat membantu penurunan berat badan.

Apa saja manfaat teh mentega bagi tubuh kita? Berikut ini beberapa khasiatnya yang kami rangkum dari Boldsky.

1. Membantu menurunkan berat badan


Meskipun terdengar ganjil, teh mentega memang benar-benar bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jika diminum dalam jumlah yang wajar, teh mentega akan menekan nafsu makan dan membuat tubuh membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Kafein yang terdapat di dalam teh mentega berfungsi sebagai stimulan yang merangsang tubuh untuk meningkatkan metabolisme tanpa mengakibatkan rasa lapar. Perut pun jadi terasa kenyang lebih lama.

2. Menyehatkan otak


Teh mentega kaya akan antioksidan yang bisa membalikkan kerusakan jaringan otak akibat radikan bebas. Antioksidan di dalam mentega juga bisa menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan otak, antara lain dementia (pikun) dan Alzheimer.

Sebagai tambahan, rutin meminum teh mentega akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif serta kemampuan untuk berkonsentrasi.

3. Menambah energi


Teh mentega mengandung kafein dalam jumlah yang cukup tinggi, jadi bisa menjadikan seluruh tubuh aktif hingga seharian. Sangat cocok jika diminum di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Sementara kandungan lemak sehat yang terdapat dalam mentega akan memberi asupan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan rutinitas sepanjang hari.

4. Melancarkan pencernaan


Salah satu manfaat teh mentega yang juga tak boleh diremehkan adalah kemampuannya dalam membantu melancarkan pencernaan. Teh mentega bisa membantu mengatasi gejala-gejala pencernaan yang tak sehat, antara lain dyspepsia (pencernaan tak lancar) dan perut begah.

Teh mentega juga dipercaya dapat menurunkan level asam perut dan meringankan gejala penyakit asam lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

5. Menyehatkan jantung


Kolesterol sebenarnya tidak selalu buruk untuk kesehatan. Singkatnya, ada kolesterol baik yang justru dibutuhkan tubuh dan kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan. Tingkat kolesterol jahat yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun konsumsi teh mentega justru lebih tidak berisiko bagi kesehatan jantung.

Teh mentega mengandung asam linoleat cukup tinggi. Kandungan ini sangat penting bagi kesehatan, sebab bisa melindungi jantung dan menurunkan level kolesterol jahat di dalam tubuh.

6. Mencegah sembelit


Saat menderita konstipasi atau sembelit, biasanya kita disarankan mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak dan serat. Tetapi sebenarnya ada satu asupan lagi yang diperlukan tubuh untuk melancarkan pencernaan, yaitu lemak sehat.

Menurut hasil penelitian, lemak sehat dibutuhkan untuk menjaga agar sistem pencernaan senantiasa lancar. Setiap kali kita mengonsumsi lemak sehat, kantung empedu akan memproduksi cairan bile yang berfungsi untuk membantu melubrikasi makanan agar semakin mudah bergerak di dalam saluran cerna.

Teh mentega mengandung lemak sehat yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna.

7. Menunda rasa lapar lebih lama di pagi hari


Beberapa orang memiliki metabolisme yang cepat di pagi hari, akibatnya mereka sering merasa kelaparan sebelum jam makan siang tiba. Untuk mengatasi masalah ini, mereguk secangkir teh mentega di pagi hari bisa menjadi solusi.

Lemak sehat di dalam teh mentega akan menstabilkan level gula dalam darah, jadi energi dan mood bisa terjaga sampai waktu makan berikutnya. Selain itu, teh mentega juga menjadikan perut terasa kenyang lebih lama.

8. Menjaga kesehatan lewat aktioksidan


Teh dan kopi umumnya kaya akan antioksidan, tak terkecuali teh mentega. Teh mentega juga mengandung protein susu yang tidak akan mengganggu penyerapan antioksidan.

Konsumsi teh mentega akan memberikan manfaat antioksidan yang besar bagi tubuh, sekaligus membantu penyerapan antioksidan yang mudah larut dalam lemak.

Itulah beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang bisa didapat dengan rutin mengonsumsi teh mentega. Berikutnya kita akan belajar cara membuat teh mentega sendiri di rumah.

Cara membuat teh mentega ala Tibet


Di Tibet, teh mentega disiapkan dalam waktu yang lama. Bahan yang digunakan adalah teh hitam yang direbus selama beberapa jam, mentega yang dibuat dalam waktu lama dan susu yak. Tetapi kita bisa mendapatkan manfaat yang nyaris sama dengan menggunakan susu sapi atau kambing.

Berikut ini resep teh mentega Tibet yang bisa Anda buat di rumah.

Bahan (untuk 4 cangkir):

4 cangkir air
2 sendok makan teh hitam
2 sendok makan mentega
1/4 sendok teh garam halus (opsional)
1/2 cangkir susu segar
Cara membuat:

Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan daun teh. Tutup panci dan biarkan mendidih.

Kecilkan api, kemudian masukkan susu. Panaskan sampai mendidih. Setelah itu masukkan mentega dan aduk.

Terakhir bumbui dengan garam dan aduk rata sebelum diangkat.

Sajikan teh mentega yang masih panas di dalam cangkir atau mangkuk kecil.

Demikian cara membuat teh mentega untuk kesehatan. Minum ramuan ini secara teratur agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaiknya.

0 komentar:

Posting Komentar