Rabu, 30 Mei 2018

Cara mudik berbiaya murah, tapi tetap nyaman


Mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran biasanya menguras tabungan Anda. Namun, demikian ada kebahagiaan tersendiri jika bisa lerlebaran bersama keluarga besar.

Jika anggaran Anda tidak terlalu besar, ada beberapa cara trik agar Anda berhemat. Mulai dari membeli tiket jauh-jauh hari, hingga menentukan tempat penginapan jika memang harus terpisah dengan keluarga besar saat berada di kampung halaman.

Agar Anda tidak mengeluarkan anggaran yang terlalu berlebihan saat mudik nanti, berikut beberapa tips yang dilansir dari Cashbac agar perjalanan mudik Anda tetap nyaman namun hemat.

1. Cek kondisi kendaraan


Untuk Anda yang memang terbiasa membawa kendaraan sendiri saat mudik, kondisi kendaraan menjadi faktor yang sangat penting. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari kondisi mesin, kaki-kaki, hingga roda.

Jangan lupa periksa juga kelayakan kondisi aki, jangan sampai di tengah perjalanan Anda malah menjadi kesusahan dan harus mengeluarkan uang lebih karena kondisi kendaraan yang kurang baik.

2. Bawa makanan dari rumah


Sepele namun penting. Jika Anda menganggap makanan bisa dibeli di tengah perjalanan, ada baiknya Anda mengurangi niat tersebut. Kenapa? Karena harga beberapa makanan yang dijual sepanjang perjalanan dipatok yang lebih mahal dari biasanya.

Selain harga masih banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan mengapa membawa makanan dari rumah akan lebih menguntungkan seperti faktor kebersihan dan rasanya yang akan lebih terjamin.

3. Ambil uang dalam jumlah yang pas


Memang ada potensi bahaya jika membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak karena dikhawatirkan adanya tindakan kejahatan. Namun jika tetap waspada di mana saja Anda berada, mengambil uang tunai dalam jumlah yang pas dan dibawa seluruhnya justru akan memberikan manfaat.

Apa pengaruhnya? Tidak lain karena Anda akan terlatih untuk melihat berapakah sisa uang yang dimiliki dan masih bisa digunakan. Hal ini juga dapat mengurangi perilaku konsumtif membeli beberapa keperluan yang sekiranya memang kurang penting.

4. Manfaatkan promo sepanjang perjalanan


Tidak ada yang salah dengan promo. Selama Anda menggunakannya dengan bijak, promo akan memberikan banyak manfaat. Anda bisa memanfaatkan promo yang langsung diberikan oleh toko tempat Anda berbelanja. Namun jika ada kesulitan mencari promo di daerah tertentu, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pendukung yang akan memberikan promo tambahan untuk mengurangi pengeluaran.

0 komentar:

Posting Komentar