Sabtu, 30 Juni 2018

4 Tips Membuat Rumah dengan Biaya yang Hemat


Membuat rumah merupakan salah satu keinginan yang dimiliki oleh masing-masing orang. Banyak sekali dijual rumah dengan berbagai macam model dengan harga yang bervariasi. Ada beberapa orang yang lebih suka untuk membeli rumah jadi atau siap huni karena dirasa lebih murah dibandingkan dengan rumah yang masih harus dibangun sejak awal. 

Namun, tidak sedikit pula orang yang memilih untuk membangun rumah dari awal karena dirasa dapat mendesain bentuk atau modelnya. 

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya untuk membangun rumah saat ini berkisar Rp. 3.000.000- per persegi. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan sebelum dilakukan pembangunan agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak terkontrol. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghemat biaya pembangunan.

Perencanaan Pembangunan Rumah


Salah satu hal yang wajib yang perlu dilakukan sebelum membuat rumah yaitu melakukan perencanaan. Perencanaan ini berfungsi untuk mengantisipasi terjadi pembangunan yang tidak sesuai dengan tujuan. Oleh karena Itu, sebelumya perlu ditetapkan tujuan apa yang ingin dicapai dalam membangun rumah Anda.

Dalam perencanaan pembangunan hal pertama yang harus dilakukan  yaitu mempersiapkan dana, menentukan luar atau ukuran bangunan dan yang terakhir model atau bentuk bangunannya. Selanjutnya gunakan perencanaan tersebut untuk menjadi dasar atau pedoman pelaksanaan penbangunannya.

Menentukan Anggaran Biaya


Rumah impian adalah investasi masa depan yang harus diperhitungkan dengan tepat, agar perhitungannya bisa sesuai dan tepat  maka perlu melakukan penetapan anggaran biaya, yaitu seperti membuat pembukuan, jenis pekerjaan, rincian harga bahan bangunan dan upah yang harus disiapkan untuk para pekerja. 

Tujuan utama penentuan anggaran ini untuk menekan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan sehingga penggunaan biayanya nanti lebih efisien dan terukur sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Pemilihan Arsitek


Tidak banyak orang yang paham bahwa arsitek memiliki peran yang besar dalam terlaksananya perencanaan pembangunan. Peran tersebut tidak hanya sekedar menggambar model atau desain rumah saja namun semua hal yang terkait dalam pembangunan yaitu tidak hanya masalah dana tetapi kualitas dari bangunan rumah tersebut. 

Keberadaan arsitek tersebut sangat membantu, khususnya dalam pengurusan IMB yang tentunya membutuhkan gambar dari model atau bentuk rumahnya.

Model Rumah yang Minimalis


Salah satu model yang saat ini sedang menjadi favorit banyak orang saat ini adalah model desain minimalis. Model ini dirasa sangat efisien dalam penggunaan biaya untuk bahan bangunan namun hasil rumahnya tetap bisa terlihat mewah dan elegan. Anda bisa meminta arsitek untuk membuatkan desain rumah minimalis sesuai dengan yang diinginkan.

Itu tadi 4 tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk membuat rumah dengan biaya yang hemat. Selamat membuat rumah yang nyaman dan indah untuk Anda dan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar