Sabtu, 23 Juni 2018

5 Alasan Anda Harus Menghindari Memarahi Anak di Depan Umum


Parenting tentunya dilakukan demi membuat anak Anda memiliki kepribadian yang lebih baik. Jadi penting sekali bagi orang tua untuk mampu menerapkan ilmu tersebut dan tidak melanggarnya. Salah satunya adalah dengan tidak memarahi anak Anda di depan umum. Hal tersebut bukan tanpa alasan, soalnya ada 5 alasan seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Membuat Anak Tidak Percaya Diri


Jangan pernah memandang sebelah mata, aksi Anda memarahi anak di depan umum. Soalnya akan banyak sekali efek negatif yang dirasakan oleh anak. Salah satunya adalah membuat anak kehilangan rasa percaya dirinya. Hal tersebut tidak lepas karena dimarahi di depan umum akan membuat mereka dilihat banyak orang dan membuat semua orang mengetahui kesalahannya.

2. Membuat Anak Tidak Berani Berekspresi


Banyak anak yang ketika berada di depan publik maka akan melakukan eksplorasi hingga berekspresi untuk mencari perhatian. Seringkali hal tersebut ditanggapi salah oleh orang tua dan dianggap sebagai pembangkangan. Hal tersebutlah yang kemudian membuat anak tidak berani lagi berekspresi lagi di depan umum karena takut akan dimarahi oleh orang tuanya.

3. Mengingat Terus Kata Kasar


Seringkali orang tua yang memarahi anaknya di depan umum, dibarengi dengan umpatan kalimat kasar demi memberi efek jera. Mungkin benar, bahwa si anak akan jera tapi hal tersebut juga dibarengi dengan trauma mendalam bagi si anak. Padahal dalam ilmu parenting sudah sering dijelaskan bahwa trauma pada anak akan berdampak tidak baik ke depannya.

Dalam perkara ini, apabila anak dimarahi di depan umum maka akan membuat mereka mengingat terus kata kasar yang diucapkan oleh orang tua ketika memarahinya. Hal ini akan berdampak sangat banyak pada mereka. Mulai dari membuat mereka membenci orang tuanya hingga mereka juga akan ikut mengatakan kalimat kasar tersebut di usia dewasa nanti. 

4. Membentuk Sifat Keras pada Anak


Mungkin banyak orang tua yang masih belum sadar bahwa memarahi anak di depan publik berdampak langsung pada psikologisnya. Salah satunya adalah membentuk sifat keras pada anak hingga mereka dewasa nantinya. Hal tersebut bukannya tanpa alasan karena memarahi di depan publik membuat anak merasa bahwa orang tuanya tidak mencintai dan peduli terhadap mereka.

5. Membuat Mereka Tidak Hormat pada Orang Tua


Tentunya setiap orang tua berharap bahwa anak mereka akan selalu hormat pada mereka. Namun sayangnya, hal tersebut akan sulit diwujudkan apabila Anda lebih sering memarahi mereka ketimbang menyayanginya. Hal tersebut hanya akan membuat mereka tidak menaruh rasa hormat pada Anda sebagai orang tuanya. 

Dengan mengetahui lima alasannya maka jangan lagi melakukan pembentukan anak di depan umum. Dalam ilmu parenting, hal tersebut akan sangat berbekas untuk psikologis anak. Mungkin dampaknya belum terlihat sekarang tapi cepat atau lambat pasti akan terlihat efek negatifnya. 

0 komentar:

Posting Komentar