Sabtu, 27 Januari 2018

Apple bantah terlibat praktik berbagi data dengan Facebook


New York Times menulis sebuah pemberitaan menuding CEO Apple, Tim Cook terlibat dalam praktik berbagai data dengan Facebook. Tak terima dengan tudingan itu, Cook membantahnya. Dia mengatakan, selama ini perusahaan besutan Steve Jobs itu tak pernah melakukan praktik curang.

"Kami tidak pernah menerima atau meminta data tersebut sama sekali," ungkap Cook dilaporkan dari Phone Arena.

Dijelaskannya, segala hal yang dilakukan Apple bertujuan untuk memperkuat sistem operasi (OS) tanpa harus berbagi data pengguna. Karena bagi Cook, itu adalah perbuatan yang tak baik.

"Apa yang kami lakukan adalah mengintegrasikan kemampuan untuk berbagi dalam sistem operasi, menyederhanakan cara berbagi foto dan hal semacam itu. Kami tidak berada dalam bisnis data. Kami tidak pernah ada di dalam bisnis data," tutur Cook.

Ini bukan kali pertama Cook mengomentari kebijakan berbagi data Facebook.

"Saya tidak akan berada di situasi seperti ini. Kami bisa saja menghasilkan banyak uang jika konsumen adalah produk kami, tapi kami memilih tidak melakukannya," ungkap Cook saat mengomentari Facebook beberapa waktu lalu.

Cook dikenal menjunjung tinggi privasi dengan menyebut hal tersebut sebagai hak asasi manusia yang fundamental. Dia berani berbicara di depan publik tentang model bisnis perusahaan-perusahaan teknologi, termasuk Facebook, yang mendapatkan keuntungan dari iklan berbasis pada data pribadi para penggunanya. 

0 komentar:

Posting Komentar