Senin, 04 Juni 2018

Xiaomi Redmi Note 5, smartphone berkamera AI paling dicari


"Barangnya belum ada Mas. Belum tahu kapan datang lagi," kata salah satu pramuniaga di Mi Store, Pondok Indah Mal 1, Jakarta Selatan, awal Juni 2018 lalu.

Sejak diluncurkan di China pada pertengahan Maret lalu, Xiaomi Redmi Note 5 mencuri perhatian publik. Harga yang ditawarkan terbilang murah untuk smartphone di kelasnya. Sayangnya, Redmi Note 5 sulit didapatkan di toko resmi. Bahkan saking sulitnya ditemukan, muncul julukan smartphone gaib oleh para netizen. Sementara di toko online, harga yang ditawarkan untuk RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB dengan garansi resmi dibanderol Rp 3,5 juta hingga 3,9 juta, jauh dari harga resmi.

Di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 5 resmi diluncurkan pada pertengahan April lalu dengan harga Rp 2.499.000 untuk RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Sementara untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB dijual dengan harga Rp Rp 2.999.000.

Desain dan Spesifikasi


Bagi Anda yang familiar dengan smartphone keluaran Xiaomi, desain Redmi Note 5 memang tidak menawarkan sesuatu yang baru. Bentuk yang ditawarkan mirip dengan versi sebelumnya yakni Redmi Note 5 Pro. Layar berukuran 5,99 inci, panel IPS LCD mampu menampilkan resolusi gambar hingga 2160x1080 piksel.

Dengan screen-to-body ratio mencapai 77,4%, bezel atau bingkai Redmi Note 5 terlihat tipis. Ditambah tombol navigasi yang menyatu dengan layar pada bagian bawah, tampilan layar terlihat penuh meski tidak seperti iPhone X atau Samsung S9. Di bagian atas layar terdapat lensa kamera selfie, earpiece speaker, proximity sensor, dan soft LED light yang bisa digunakan untuk menambah cahaya saat ber-selfie.

Pada bagian belakang yang menggunakan bahan metal bercampur plastik, terdapat dua lensa kamera yang tersusun vertikal di pojok kiri atas. Desain ini mirip dengan milik iPhone X. Sementara di bagian tengahnya terdapat pemindai jari.

Pada bagian sisi kanan terdapat tombol power dan tombol volume. Sementara itu, di sisi kiri terdapat slot SIM card dan microSD. Dan terakhir di sisi bawah terdapat audio jack 3,5 mm, mikrofon utama, microUSB slot, dan speaker.

Redmi Note 5 AI Dual Camera menjadi ponsel yang menggunakan Snapdragon 636 pertama yang dirilis di Indonesia. Chipset ini diklaim mampu memberikan efisiensi daya serta performa lebih cepat bahkan mencapai 40 persen. Ditambah baterai dengan kekuatan 4.000 mAh, waktu pakai mampu bertahan hingga dua hari.

Kamera


Salah satu yang menjadi keunggulan Redmi Note 5 adalah teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) di bagian kamera. Xiaomi menyatakan, teknologi ini bisa menampilkan hasil tangkapan kamera dengan warna yang lebih akurat saat menggunakan kamera belakang yang memiliki resolusi 12 megapiksel. Efek bokeh yang menjadi tren fotografi smartphone saat ini dihasilkan melalui bukaan lensa f/1.9. Sedangkan untuk kamera depan, kamera 5 megapiksel cukup untuk menghasilkan gambar yang jernih bagi Anda yang suka berswafoto. Fitur bokeh ini juga bisa digunakan untuk kamera depan.


Hasil pengujian, foto bokeh dihasilkan dari mode portrait saat menggunakan kamera belakang. Fokus pada objek yang diinginkan bisa diatur dengan menyentuh titik pada objek di layar. Brightness bisa diatur agar terang dan gelap objek foto bokeh bisa disesuaikan. Namun, agar hasil bokeh maksimal, Xiaomi mensyaratkan jarak objek maksimal 2,5 meter.

Tes pemakaian


Selama satu minggu diuji merdeka.com, Xiaomi Redmi Note 5 cukup mumpuni. Tampilan antarmuka MIUI 9.5 yang berbasis dari Android Oreo 8.1 cukup mudah digunakan. Pengguna tidak kesulitan dan gampang beradaptasi dengan menu yang disediakan. Semua aplikasi dapat dijalankan dengan mulus. Multitasking beberapa aplikasi juga berjalan lancar. Perpindahan antar aplikasi tanpa ada gejala nge-lag. Merdeka.com memainkan game Pro Evolution Soccer 2018 dan Need For Speed edisi No Limits selama tes. Keduanya mampu dijalankan dengan smooth.

Demikian juga penggunaan kamera belakang dan depan di berbagai kondisi, menghasilkan foto yang jernih. Teknologi dual pixel dengan cepat menghasilkan auto fokus saat pengambilan gambar. Dalam kondisi yang minim cahaya, gambar yang dihasilkan cukup bagus. Tak hanya kamera belakang, kamera depan juga bisa digunakan untuk fitur bokeh dalam mode portrait.

Kesimpulan


Dengan harga di rentang Rp 3 jutaan, Xiaomi Redmi Note 5 bisa dikatakan smartphone paling unggul di kelasnya. Senjata dual kamera dan chipset Snapdragon 636, Redmi Note 5 mampu menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki smartphone canggih dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ditambah daya baterai yang bisa bertahan hingga dua hari, smartphone ini sangat bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas dan gaya hidup Anda.

Value for money Xiaomi Redmi Note 5 bisa dikatakan lebih dari cukup jika dibandingkan smartphone dengan spesifikasi sejenis.

0 komentar:

Posting Komentar