Jumat, 14 Desember 2018

5 Hal yang Perlu Dihindari Sebelum Operasi Total Knee Replacement


Apakah Anda mengalami masalah sendi dan sedang ingin menjalankan prosedur operasi TKR? Biaya operasi TKR memang terbilang mahal Rp70 juta. Namun hal ini dapat menjadi solusi yang tempat untuk mengembalikan produktivitas Anda. Sebelum itu ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda hindari sebelum operasi TKR. Apa saja sih hal-hal yang perlu dihindari? 

1. Tidak Boleh Merokok

Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, kegiatan merokok juga perlu dihindari sebelum Anda menjalani prosedur total knee replacement. Ternyata merokok dapat membuat hasil operasi Anda tidak memberikan hasil yang maksimal. Bahkan hal yang satu ini juga dapat mengganggu Anda ketika menjalani prosedur pemulihan pasca operasi TKR. 

2. Melakukan Puasa Sebelum Operasi

Sebelum menjalankan prosedur operasi TKR, Anda perlu berpuasa terlebih dahulu. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk berpuasa kurang lebih selama 8 jam sebelum menjalani operasi TKR. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak memiliki tenaga, sebab sebelum berpuasa Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

3. Lakukan Persiapan Sebelum Operasi

Ternyata ada beberapa latihan yang dianjurkan untuk Anda lakukan sebelum menjalani operasi total knee replacement. Biasanya sang dokter Anda akan melatih agar otot paha tidak tegang. Biasanya cara melatih otot paha agar tidak tegang dengan berlari, berjalan, dan serangkaian kegiatan fisik lainnya. 

Cara kedua yang perlu dilakukan untuk melatih otot paha sebelum melakukan prosedur operasi TKR adalah tendangan duduk. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara duduk lurus di kursi kemudian angkat dan tahan kurang lebih selama 5 menit, lalu turunkan. Anda juga bisa melakukan gerakan tendangan terlentang, caranya hampir sama dengan tendangan duduk. 

4. Lakukan Diet secara Seimbang

Tak hanya latihan yang bermanfaat untuk membuat otot paha agar tidak tegang, Anda juga perlu melakukan diet yang seimbang. Jangan sampai berat badan Anda menghambat proses operasi di mana seharusnya operasi dapat berjalan maksimal demi mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Diet yang bisa Anda lakukan adalah dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur segar. Ada baiknya Anda menghindari makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti gandum, nasi, dan kentang. Anda juga diharuskan untuk melakukan olahraga tulang-tulang Anda dapat bergerak secara aktif meskipun agar nyeri saat dilakukan. 

5. Siapkan Rumah Demi Pemulihan

Poin yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Siapkan lingkungan yang kondusif agar proses pemulihan dapat berjalan dengan lancar. Sebab lingkungan yang baik dapat mempengaruhi lamanya proses pemulihan. Selian itu ada baiknya Anda tanyakan pada dokter mengenai hal-hal yang kurang Anda ketahui tentang prosedur operasi TKR. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda hindari pasca operasi TKR. Pemahaman yang bagus dapat membuat proses pemulihan dapat berjalan dengan maksimal. Latihan pasca operasi juga perlu Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja sendi lutut. Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi seputar biaya operasi TKR hanya di dokter.my.

0 komentar:

Posting Komentar