Senin, 25 Maret 2019

Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Anak Mimisan dengan Cepat


Mimisan yang dialami oleh sang buah hati secara tiba-tiba tentunya akan membuat Anda khawatir bukan? Bahkan terkadang rasa panik yang muncul juga akan membuat Anda bingung bagaimana cara menanganinya. Bahkan terkadang kebanyakan orang tua juga salah kaprah dalam menanganinya. Berikut pertolongan pertama cara mengatasi anak mimisan. 

Tetap Duduk Tegak dan Condongkan Tubuh ke Depan
Jika sang buah hati mengalami mimisan secara tiba-tiba, hal paling utama yang perlu Anda lakukan untuk menanganinya adalah pastikan posisi si kecil tetap duduk tegak dan arahkan tubuh sedikit condong ke depan. Pasalnya dengan duduk tegak ternyata sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah di dalam hidung sang buah hati. 

Tak hanya itu saja, ternyata dengan duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan ternyata juga mampu untuk mencegah darah agar tidak semakin banyak keluar. Selain itu, posisi seperti ini juga mampu mencegah darah masuk ke saluran hidung atau pernafasan yang dapat menyebabkan risiko darah tertelan dan mengiritasi perut Anda. 

Cubit Bagian Cuping Hidung
Pertolongan pertama sebagai cara mengatasi anak mimisan kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencubit bagian cuping hidung. Ketika melakukan cara yang satu ini, Anda bisa menggunakan ibu jari dan telunjuk untuk mencubit bagian cuping hidung si kecil selama beberapa menit. Selama melakukan ini, mintalah si kecil untuk bernapas melalui mulut, 

Cara yang satu ini bermanfaat untuk memberikan tekanan pada titik pendarahan di bagian septum hidung agar darah berhenti mengalir. Namun sebelum memutuskan untuk melepaskan cubitan Anda, pastikan bahwa aliran darah penyebab mimisan tersebut sudah terhenti. 

Jangan Bernapas Melalui Hidung Terlebih Dahulu
Jika sang buah hati mengalami mimisan secara tiba-tiba, maka pastikan untuk meminta si kecil bernapas melali mulut. Pastikan si kecil jangan bernapas melalui hidung terlebih dahulu. Mengapa harus demikian? Bernapas melalui mulur pasca pendarahan akibat mimisan bertujuan untuk mencegah terjadinya pendarahan ulang. 

Pastikan si kecil tetap bernapas menggunakan mulut dan jangan membungkuk selama beberapa jam setelah mimisan. Selain itu, Anda juga busa mengoleskan beberapa petroleum jeli pada bagian hidung si kecil dengan lembut menggunakan kapas atau jari Anda. 

Kompres Menggunakan Es Batu
Cara mudah mengatasi mimisan pada sang buah hati selanjutnya adalah kompres menggunakan air dingin atau es batu. Cara yang satu ini sangat efektif untuk membantu pembekuan darah yang menyebabkan mimisan. 

Namun perlu untuk diperhatikan. Jangan langsung meletakkan es batu ke bagian hidung. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Jika Anda memutuskan untuk kompres menggunakan es baru, pastikan Anda membungkus es batu menggunakan kain lembut atau handuk bersih baru kemudian tempelkan pada hidung yang mengalami mimisan. 

Segera Hubungi Dokter Jika Mimisan Tak Kunjung Berhenti
Ya pada umumnya mimisan pada sang buah hati dapat disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Hal ini juga membuat cara penanganannya relatif beragam. Terlebih lagi ada juga jenis mimisan yang hanya dapat disembuhkan dengan bantuan medis. 

Nah jika pendarahan yang dialami sang buah hati kembali terjadi, maka pastikan Anda segara hubungi dokter. Selain itu, Anda juga bisa meniup hidung sang buah hati dengan kuat untuk membersihkan hidungnya. Setelah itu semprot kedua sisi luang si kecil dengan menggunakan semprotan hidung dekongestan yang mengandung oxymetazoline. 

Nah di atas merupakan beberapa pertolongan pertama cara mengatasi anak mimisan yang paling cepat dan efektif. Untuk itu jika sang buah hati tiba-tiba mengalami mimisan. Pastikan Anda jangan panik. Lakukan beberapa pertolongan di atas untuk membantu menghentikan pendarahannya.  

0 komentar:

Posting Komentar