Sabtu, 27 April 2019

Asuransi Kesehatan = Investasi Masa Depan


Berkembangnya penyakit-penyakit baru yang terkadang belum ada obatnya pasti membuat hampir semua orang khawatir. Ditambah lagi saat ini biaya pengobatan, baik obat maupun perawatan di rumah sakit cukup mahal. Meskipun sudah punya jaminan kesehatan dari pemerintah, tentulah perlu jaminan lain yang dapat menopang proses pengobatan kita nantinya, seperti asuransi kesehatan misalnya. Sayangnya masih banyak yang belum begitu memahami apa sih pentingnya asuransi dan bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang bagus agar berguna ketika diperlukan nantinya.

Seberapa penting sih asuransi kesehatan?
Sebagai kepala keluarga, tanggung jawab tak hanya terkait pemenuhan kebutuhan rumah tangga saja, tapi juga seluruh aspek yang ada di dalamnya, terutama kesehatan. Seperti yang sudah dibahas di atas, setiap tahun terjadi peningkatan pada layanan kesehatan. Kita tentunya tak dapat mengandalkan jaminan kesehatan yang selama ini diikuti. Harus ada skenario atau rencana tambahan, agar di kemudian hari, pemenuhan kesehatan keluarga tidak terhambat dengan masalah biaya. 

Jika suatu saat kondisi finansial kita memburuk di tengah kondisi kesehatan yang menurun drastis, tentu akan sulit untuk melakukan penanganan medis seperti yang selama ini didapatkan. Seperti untuk biaya perawatan rumah sakit, pengobatan, maupun terapi yang tentu tidak murah biayanya.

Bagaimana memilih asuransi kesehatan yang bagus?
Yang terpenting dari memilih asuransi kesehatan yang bagus untuk pribadi maupun keluarga adalah kebutuhan. Bicarakan hal ini dengan keluarga dan jangan takut untuk berkonsultasi dengan perusahaan asuransi yang Anda ingin pilih.

Setelah itu, baru tentukan jenis perlindungan yang ingin Anda ikuti. Sesuaikan anggaran yang dimiliki dengan biaya premi bulanan atau tahunan dari program yang ditawarkan. Beberapa perusahaan asuransi juga membuka kesempatan untuk menambah layanan khusus di luar dari paket yang dipilih, tentunya dengan biaya premi tambahan. Ingat, jangan sampai biaya premi yang ditanggung melebihi kemampuan keuangan bulanan, ya!

Anda juga harus paham dengan sistem yang diterapkan oleh perusahaan asuransi agar tidak muncul komplain di kemudian hari. Makanya jangan ragu untuk bertanya dan mencari tahu kredibilitas dari asuransi tersebut. Seperti juga apakah rumah sakit rekanan letaknya dekat dengan tempat tinggal, bagaimana mekanisme pencairan asuransi ketika sakit, dan cara mengajukan klaim.

Mudah, kan? Memang sih, di awal tentu akan ribet karena banyaknya pilihan dan berbagai pertimbangan. Tapi percaya deh, asuransi kesehatan itu investasi jangka panjang yang harus dimiliki untuk melindungi kesehatan kita sendiri dan keluarga. Salam sehat!

0 komentar:

Posting Komentar