Selasa, 23 April 2019

Bumil, 6 Perubahan Fisik Ini Akan Anda Alami Saat Hamil Muda


Memasuki masa kehamilan, tentu terjadi perubahan yang istimewa pada tubuh calon ibu. Perubahan yang terjadi ini sebagai bentuk adaptasi tubuh, atas hadirnya janin dalam rahim Anda. Gejala fisik ketika hamil mulai bisa Anda rasakan, bahkan ketika usia kehamilan masih tergolong muda. Saat hamil muda, 6 perubahan fisik ini mungkin mulai kentara Anda rasakan. 

1. Rasa Lelah yang Berlebihan
Aktivitas sehari-hari memang bisa membuat Anda merasa lelah, namun ketika hamil, rasa lelah itu menjadi berlipat ganda. Tubuh Anda bekerja keras untuk bisa menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi pada saat hamil. Perpanjang waktu tidur Anda di malam hari dan biasakan untuk menyempatkan tidur di siang hari untuk mengembalikan stamina yang terkuras. 

2. Urat Terlihat Menonjol
Pada saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak darah dan jantung memompa darah lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan setiap organ tubuh. Proses kerja yang super ekstra ini menyebabkan urat nadi yang berwarna biru terlihat kentara di beberapa bagian tubuh. Anda bisa dengan mudah melihat urat nadi yang menonjol di bagian perut, payudara, lengan, leher, dan kaki. 

3. Perubahan pada Tekstur Payudara
Payudara merupakan bagian yang paling kentara terasa perubahannya saat hamil. Hormon dalam tubuh bekerja untuk mempersiapkan payudara sebagai sumber ASI bagi bayi Anda kelak. Ciri payudara saat hamil muda adalah teksturnya yang menjadi lebih lembut dan lunak, serta terasa membengkak. Benjolan kecil juga mungkin Anda rasakan di area sekitar puting payudara.  

4. Produksi Minyak di Kulit Meningkat
Hormon kehamilan membuat produksi minyak pada kulit meningkat. Akibatnya, kulit Anda pun terlihat lebih berkilau dan bersinar dibanding sebelumnya. Banyak yang bilang, bahwa perubahan pada kulit ini membuat aura ibu hamil menjadi lebih terlihat. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa kondisi ini juga bisa memicu munculnya jerawat jika kulit tak dirawat dengan baik.  

5. Kaki yang Membengkak
Pembengkakan yang rawan terjadi di bagian kaki dan pergelangan kaki, disebabkan karena perubahan hormon dan produksi cairan yang melimpah saat hamil. Kaki Anda akan terasa membesar dan kondisi itu akan berlanjut hingga masa persalinan tiba. Anda bisa mengurangi rasa sakitnya dengan menghindari berdiri terlalu lama dan tak memakai sepatu hak tinggi.  

6. Perut yang Membesar
Tanda kehamilan yang terlihat kentara adalah bagian perut yang membesar. Pada akhir trimester pertama, normalnya bayi akan memiliki panjang hingga 10 cm dengan berat 28 gram. Garis pinggang Anda juga akan mengalami perubahan, seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun, pada saat hamil muda, kenaikan berat badan Anda mungkin tak terlalu kentara. 

Itulah 6 perubahan fisik yang mungkin Anda alami saat sedang hamil muda. Perlu diperhatikan bahwa, tiap ibu hamil akan mengalami gejala yang mungkin berbeda. Selain 6 gejala di atas, masih terdapat perubahan lain yang terjadi saat kehamilan. Anda bisa langsung menanyakan soal gejala kehamilan tersebut pada dokter kandungan yang telah berpengalaman di orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar