Selasa, 23 April 2019

Menyiapkan 1000 Hari Kehidupan Pertama untuk Anak


Memiliki anak yang cerdas, mampu mengingat dengan baik serta tumbuh sehat adalah dambaan para orang tua. Itu sebabnya,mereka berupaya untuk memberikan makan makanan sehat dengan pola gizi seimbang yang dimulai sejak 1000 hari kehidupan pertama. Ya, sejak ibu dinyatakan hamil maka waktu itulah sang bunda harus mengkonsumsi makan makanan bergizi dan sehat. Jika tidak, bisa menimbulkan resiko yang besar bahkan dalam hitungan tahun dengan mempertaruhkan masa depan anak nantinya.

Adapun makanan yang dikonsumsi sangat berkaitan erat dengan perkembangan otak, fungsi memori, pengambil keputusan hingga pertumbuhan secara bukan . Apalagi, saat si kecil berada di usia 1 tahun keatas dimana sudah kebanyakan terjadi adanya pengurangan asupan gizi. Hal ini lebih disebabkan oleh kebiasaan orang tua serta pola makan si anak. Kita tahu, di usia ini anak sudah mulai mengenal makanan yang kurang sehat seperti permen dan sebagainya. Sehingga, saat pemberian makanan utama mereka sudah tak mau lagi.

Disinilah peran aktif orang tua dalam memberikan makanan sehat dan bergizi secara seimbang. Mengganti menu secara berkala serta memberikan kenyamanan saat waktu makan adalah beberapa diantaranya. Ibu juga harus kreatif dalam memasak bahan makanan yang ada sehingga kebutuhan gizinya akan terpenuhi seiring dengan pertambahan usianya.

Bagi ibu yang masih kurang paham mengenai cara menyajikan makanan untuk memenuhi asupan 1000 hari pertama kehidupan ada baiknya bergabung dengan forum di sosial media. Biasanya, admin yang mengurus grup tersebut merupakan praktisi di bidangnya sehingga tips dan panduan yang diberikan berdasarkan medis.

Kita semua juga sering mendengar tentang gizi buruk yang dialami oleh beberapa anak. Tentu, hal ini adalah satu kondisi yang tak diinginkan terjadi. Untuk itu, peran aktif ibu dalam mencari segala hal yang berkaitan dengan pertumbuhan anak haruslah dilakukan. Bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan hingga susu apa yang cocok dengan kondisi anak. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk memenuhi asupan gizi di 1000 hari pertama kehidupan.

Meta deskripsi : 1000 hari pertama kehidupan adalah masa penting bagi pertumbuhan anak di masa depan. Pastikan, bunda sudah memenuhi gizi dan nutrisinya dengan seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar