Jumat, 31 Mei 2019

Ciri Mau Melahirkan yang Umum Dialami Ibu Hamil


Setelah menikah bisa hamil dan memiliki anak tentu menjadi kebahagiaan yang dinanti-nantikan. Anda bisa mulai mempersiapkan perlengkapan bayi setelah memasuki trimester ketiga. Terlebih jika sudah mengalami ciri mau melahirkan. Berikut ini ciri yang umum dialami ibu hamil. 

1. Kesulitan Tidur 
Secara umum Anda yang sedang hamil dan sudah mendekati hari persalinan akan mengalami kesulitan tidur. Masalah kesulitan tidur yang dialami menjelang persalinan bisa jadi adalah sebuah kontraksi halus yang memberikan tanda akan mengalami pecah ketuban. Anda perlu tetap beristirahat dengan mencari posisi yang nyaman agar tidak kelelahan. 

2. Merasakan Nyeri 
Ciri berikutnya yang akan dialami pada umumnya adalah rasa nyeri di bagian punggung, perut, dan bisa juga keram. Rasa nyeri pada bagian perut disertai dengan perut yang mengeras karena posisi bayi menurun ke arah mulut rahim. Nyeri pada bagian punggung akan membuat Anda merasa tidak nyaman namun tidak perlu panik karena setelah melahirkan akan hilang sendiri. 

3. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Ciri mau melahirkan yang umum dialami ibu hamil yaitu frekuensi buang air kecil meningkat dari sebelumnya. Kondisi ini dialami karena bayi sudah turun ke bagian tulang panggul yang akhirnya membuat rahim bersandar lebih sering ke bagian kandung kemih. 

4. Kontraksi 
Anda juga akan mengalami kontraksi yang terjadi lebih sering dengan jeda lebih cepat. Kontraksi ini akan membuat pergerakan bayi terasa dan Anda akan merasakan sakit di beberapa bagian. Ketika mengalami ciri ini sebaiknya segera menyiapkan diri untuk menuju tempat persalinan.  

5. Air Ketuban Pecah
Apa lagi jika Anda sudah mengalami air ketuban yang pecah. Ciri ini dialami setelah terjadinya kontraksi sehingga Anda perlu langsung bersiap untuk ke tempat persalinan. Jangan didiamkan saja jika sudah mengalami air ketuban pecah. Lebih berisiko jika air ketuban yang pecah tidak disertai kontraksi karena bisa lebih mudah terserang infeksi. 

6. Turun Berat Badan
Berat badan Anda saat hamil akan naik, terutama setelah melewati trimester satu. Hanya saja begitu mendekati waktu melahirkan berat badan akan mulai menurun. Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini sering terjadi. Hal ini karena bayi sudah mulai turun dan akan segera dilahirkan.

7. Kelelahan
Pada umumnya ibu hamil yang sudah mau melahirkan akan merasa kelelahan. Sehingga Anda memerlukan waktu tidur yang lebih banyak di siang hari. Ini adalah kondisi yang wajar dan memang perlu dipenuhi dengan istirahat secukupnya. Jangan paksakan diri saat sudah merasa kelelahan. 

Ciri mau melahirkan yang umum terjadi ini dialami saat sudah semakin dekat dengan hari perkiraan lahir. Anda sebaiknya sudah menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke tempat bersalin. Jika membutuhkan informasi lainnya seputar kehamilan bisa mengunjungi Magazine Orami di orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar