Selasa, 02 Juli 2019

Cara Ampuh Untuk Mendidik Anak Hebat


Mungkinkah kita mulai ajarkan kedisiplinan saat anak masih balita? Ya, tentu saja bisa! Namun di usia 2-3 tahun Mam butuh perjuangan karena bayi belum paham betul cara berkomunikasi. Akan tetapi ini akan jadi hal yang paling menyenangkan di masa-masa mendidik anak hebat. Siapa yang tidak ingin anak belajar disiplin sejak dini?

Di awal Mam mencoba agar si kecil mulai belajar disiplin. Ingat, Mam hanya ingin membiasakannya mulai belajar disiplin, bukan memaksanya untuk melakukan sesuatu. Jadi sebaiknya Mam memahami hal ini dulu. Saat si kecil mengatakan tidak mau, jangan dipaksa. Tapi doronglah dia. Misalnya Mam meminta si kecil merapikan mainannya, Mam bisa ikut bersama merapikan mainan. Tidak ada salahnya kan? Kedekatan Mam nantinya juga akan bertambah erat. 

Lakukan Secara Berulang-ulang

Namanya melatih si kecil disiplin, tentunya Mam harus mengajak dan melakukannya secara bertahap serta dilakukan berulang-ulang. Setiap ingin melakukan sesuatu, arahkan si kecil dan lakukan bersama-sama agar ia mulai terbiasa.

Fokus Ke Satu Hal Dulu

Misalnya Mam meminta si kecil menaruh mainannya ke dalam kotak di pojokan, fokuskan ini dulu sampai ia benar-benar terbiasa. Jadi biasakan ke satu hal dulu, saat ia sudah terbiasa arahkan pada hal yang lainnya. 

Kuncinya Konsisten

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Mam harus melakukannya berulang-ulang. Orang tua memiliki peranan penting untuk menjadikan si kecil menjadi anak hebat. Perlu mam ketahui orang tua adalah rule yang nyata bagi anak-anak.

Memberikan metode belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk si kecil

Setiap anak tentunya memiliki kemampuan watak dan sifat yang berbeda-beda, sebagai orang tua kita harus bisa memberikan metode belajar yang menyenangkan sesuai usianya.  Dan para orang tua juga harus lebih banyak meluangkan waktu bersama dengan anak.

Jadi Mam, mendidik si kecil ini proses tumbuh kembangnya, akan tetapi akan sangat bermanfaat bila ia sudah terbiasa dengan hal-hal kecil. Memang tidak mudah, namun ini akan baik bagi masa depannya.

0 komentar:

Posting Komentar