Selasa, 02 Juli 2019

Mungkinkah Kita Bisa Buat Balita Belajar Disiplin?


Mungkinkah kita mulai ajarkan kedisiplinan saat anak masih balita? Ya, tentu saja bisa! Namun di usia 2-3 tahun Mam butuh perjuangan karena bayi belum paham betul cara berkomunikasi. Akan tetapi ini akan jadi hal yang paling menyenangkan di masa-masa mendidik anak hebat. Siapa yang tidak ingin anak belajar disiplin sejak dini?

Akan Selalu Ada Penolakan 

Di awal Mam mencoba agar si kecil mulai belajar disiplin, pastinya akan selalu ada penolakan dari si kecil. Ingat, Mam hanya ingin membiasakannya mulai belajar disiplin, bukan memaksanya untuk melakukan sesuatu. Jadi baiknya Mam memahami hal ini dulu. Saat si kecil mengatakan tidak mau, jangan dipaksa. Tapi doronglah dia. Misalnya Mam meminta si kecil merapikan mainannya, Mam bisa ikut bersama merapikan mainan. Tidak ada salahnya kan? Kedekatan Mam nantinya juga akan bertambah erat. 

Lakukan Secara Berulang-ulang

Namanya melatih si kecil disiplin, tentunya Mam harus mengajaknya melakukannya secara bertahap dan dilakukan berulang-ulang. Setiap ingin melakukan sesuatu, arahkan si kecil dan lakukan bersama-sama agar ia mulai terbiasa. 

Fokus Ke Satu Hal Dulu

Misalnya Mam meminta si kecil menaruh mainannya ke dalam kotak di pojokan, fokuskan ini dulu sampai ia benar-benar terbiasa. Mam tidak mungkin memaksa si kecil melakukan banyak hal karena hal ini justru akan membuatnya semakin bingung. Jadi biasakan ke satu hal dulu, saat ia sudah terbiasa arahkan pada hal yang lainnya. 

Kuncinya Konsisten

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Mam harus melakukannya berulang-ulang. Jangan menyerah ketika si kecil tetap menolak. Bersabarlah membujuk si kecil dan ketika ia mulai tantrum, diamkan dia seperti di artikel yang kami bahas sebelumnya. Tantrum ini juga bisa dikarenakan ia melakukan hal baru, nanti ketika ia sudah terbiasa, si kecil tidak akan rewel lagi. 

Jangan Emosi 

Sering sekali orang tua kehilangan kendali saat membiasakan si kecil. Akibatnya secara tidak sengaja mereka kerap memarahi, membentak bahkan ada yang sampai memukul. Tentu saja ini dilarang keras karena sangat mengganggu perkembangannya. Mam harus benar-benar ekstra sabar untuk membiasakan si kecil. Jangan berharap terlalu tinggi karena bisa menekan psikologis si kecil. Baiknya, apresiasilah ketika ia berhasil terbiasa dengan beberapa hal. 

Jadi Mam, mendidik si kecil yang masih balita memang bukan hal wajib karena ini proses tumbuh kembangnya, akan tetapi akan sangat bermanfaat bila ia sudah terbiasa dengan hal-hal kecil. Memang tidak mudah, namun ini akan baik bagi masa depannya.

Meta deskripsi:
Tahukah Mam kalau mengajari anak untuk mulai belajar disiplin itu bisa dimulai saat usia 2-3 tahun. Yuk ikuti tips dari kami agar si kecil tidak terganggu dan tertekan dengan kebiasaan baru.

0 komentar:

Posting Komentar