Selasa, 15 Oktober 2019

Definisi Dan Gejala Dari Diabetes Melitus Tipe 2


Diabetes merupakan salah satu penyakit dimana gula darah dalam tubuh kita tidak terkontol. Namun sudah pernahkah anda mendengan diabetes tiper 2. Artikel ini akan menjelaskan Gejala diabetes tipe 2 dan juga penyebab nya. Diabetes tipe 2 terjadi saat prankeas mampu memproduksi insulin yang memadai, namun sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efisien untuk mengubag glukosa menjadi energy. Kondisi seperti ini juga disbeut dengan Resistensi insulin. Akibatnya, gula darah menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Jika dibiarkan terus tinggi, anda bisa bersiko mengalami komplikasi diabetes berbahaya yang mempengaruhi sistem saraf, jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, serta gusi dan gigi.

Diabtes tipe 2 merupakan penyakit gula yang paling banyak dialami oleh masyarakat, Secara umum diabetes tipe 2 ini bisa menyerang segala umur baik dewasa serta lanjut usia. Faktor dari metabolism tubuh yang semakin menurun dan gaya hidup pada saat muda menjadi alasan terkuat mengapa orang dewasa dan lanisa beresiko tinggi terkena penyakit ini. karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat bisa jadi salh satu cara efektif supaya Anda terhindar dari penyait ini kemudian hari. 

Tanda-tanda & Gejala

Penyakit ini tidak menunjukan gejala berarti. Bahkan, cukup banyak orang yang malah tidak menyadari jika dirinya terkena penyakit ini selama bertahun-tahun. Namun ada beberapa tanda gejala diabetes yang khas yang harus Anda waspadai.

  • Cepat merasa lapar
  • Buang air kecil yang sering, khusunya pada malam hari
  • Sering merasa kehausan
  • Luka yang lambat pulih 
  • Berta bdan menurun secara drastic tanpa sebab yang jelas
  • Lemas, lesu, dan tidak bertenaga
  • Pandagan buram
  • Rasa sakit atu mati rasa pada kaki dan juga tangan
  • Mudah terkena infeksi, entah itu di kulit, gusi dan mulut, atau di area genital
  • Kulit menghitam, terutama di bagian lipatan ketiak. Leer dan juga selangkangan
  • Gatal di area selangkangan atau area genital

Pencegahan Dan Pengobatan

Perlu dipahami bahwa diabetes tipe 2 adalah kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Meski begitu kondisi ini bisa Anda kendalikan, KetikaAnda didiagnosisi diabetes tipe 2, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk segera mngubah pola hidup menjadoi lebih sehat. 

  • Dimulai dari diet sehat, memang tidak ada aturan khhusu untuk orang yang memiliki diabetes. Namun, dokter biasanya akan meminta Anda untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Pastikan makanan anda mengandung kondisi gizi yang seimbang, Dokter juga akan meminta Anda untuk menghindari makanan tinggi gula. 
  • Selain diet sehat dan mengatur pola makan, Anda juga disarankan olahrag secara teratur (3-4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit) dan memperbanyak aktivitas fisik, hal ini karena keduanya efektif untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah anda. Tidak usah membuat target olah raga yang ketat. Melakukan aktivitas fisik intensitas ringan sampai sedang cukup mengendalikan gula darah Anda, beberpaa piliha aktivutas fisik yang bauk untuk pengidap diabete adalah jalan kaki, berenang, bersepeda, lari, yoga, senam aerobic dan lain sebagainya. Pastikan juga Anda rutin memeriksa kaki dan mata untuk mencegah komplikasi di masa mendatang. 
  • Setelah diresepkan obat, andaakan diberikan satu jenis obat saja atau memberikan kombinasi obat, konsultasikan dengan dokter mengenaiefek samping obat tersebut, dan apoa yang harus dilakukan jika efek samping muncul.

0 komentar:

Posting Komentar