Rabu, 27 November 2019

Yuk, Kenali Sejak Dini Gejala Kanker Mata dan Penyebabnya.


Sumber : idntimes.com

Menurut Hellosehat, kanker memang sering kali dinamai dari tempat ia pertama kali muncul. Contoh, ketika kanker mata menyebar ke hati atau misalkan tempat lain, itu masih disebut kanker mata.

Perlu Anda ketahui bahwa kanker mata ini merupakan salah satu dari jenis penyakit kanker yang targetnya ialah menyerang indera penglihatan manusia di mana di area mata ternyata terdapat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel yang sifatnya tidak normal dan tidak terkendali. Kanker mata ini, meskipun berasal dari beberapa sel bersifat abnormal yang ada di sekitar jaringan mata manusia ternyata juga dapat tumbuh dan berpindah-pindah ke bagian tubuh lainnya seperti payudara, paru paru dan bagian lainnya sekitar mata. Nah, apa saja sih, gejala kanker mata itu?

Tapi sebelum itu, yuk kenali berbagai jenis kanker yang sering menyebabkan kanker mata, antara lain sebagai berikut.

  1. Melanoma, jenis ini paling umum terjadi.
  2. Karsinoma sel gepeng atau squamous cell carcinoma.
  3. Limfoma intraokular.
  4. Retinoblastoma, kanker ini yang kebanyakan sering terjadi pada masa kanak-kanak.
Kanker mata ini kebanyakan menyerang manusia diusia paling 55 tahun dan sangat jarang terjadi pada anak-anak. Selain itu, jenis kelamin pria kerap kali sedikit lebih banyak terjangkit kanker mata dibanding wanita.

Gejala Kanker Mata

Beberapa gejala umum dari kanker mata, antara lain sebagai berikut.

  1. Kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan.
  2. Penglihatan kabur.
  3. Melihat kilatan cahaya, bercak, garis bengkok, atau bayangan.
  4. Mata atau kelopak mata membengkak.
  5. Munculnya bintik gelap pada iris.
  6. Kondisi mata menjadi juling.
  7. Iris mata mulai berubah warna.
  8. Mata menjadi melihat benda menjadi berbeda seolah berterbangan dan terdapat garis- garis serta bintik bintik.
  9. Terjadi peradangan pada mata dan memerah serta ketika berada dalam ruangan gelap maka akan muncul sebuah pantulan berwarna putih pada area pupil mata.
  10. Jangkauan penglihatan dan arah pandang mata menjadi tidak normal. 

Penyebab Kanker Mata

Penyebab pasti dari kanker mata belum diketahui hingga saat ini. Namun, terdapat beberapa kondisi yang berhubungan dengan kanker mata, antara lain:

  1. Warna mata yang lebih terang, seperti hijau, biru, atau abu. Pasalnya, mata yang lebih terang memiliki lebih sedikit pigmen untuk melindungi dari sinar UV berbahaya.
  2. Ras Kaukasia cenderung lebih sensitif terhadap cahaya matahari dan hal ini menyebabkan jenis kanker lainnya yang dapat menyebar ke mata.
  3. Tahi lalat yang bersifat kanker.
  4. Paparan sinar matahari.
  5. Kondisi turunan, akibat perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker mata.
  6. Kondisi mata dengan banyak tahi lalat yang abnormal pada kulit atau bercak pada mata. 
  7. Sering terkena paparan sinar matahari atau zat kimia.
Dilansir dari laman Honestdocs bahwa selain itu, penyebab kanker mata ini terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan asal munculnya. Jenis pertama yaitu kanker mata primer di mana kanker ini berasal dari dalam mata. Sedangkan kanker mata sekunder ini merupakan kanker mata yang terjadi akibat adanya beberapa sel kanker yang terdapat pada area lain selain mata yang kemudian menyebar menuju area mata sehingga menjadi asal munculnya beberapa sel kanker pada daerah mata.

Kanker mata juga dapat terjadi akibat perubahan gen pada jaringan mata, terutama gen yang bertugas mengatur pembelahan sel jaringan mata. Biasanya pada kondisi normal, sel akan membelah diri secara teratur dan berkala untuk mengganti sel yang sudah rusak. Akan tetapi, ketika terserang kanker mata, perubahan gen menjadikan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi, sehingga sel-sel mata membelah diri tanpa terkendali. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai gejala dan penyebab kanker mata. Kenali hal-hal yang kemungkinan bagian dari gejala kanker mata. Jangan sepelekan penyakit apapun. Segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui keterangan lebih lanjut. Sekian. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar